Buku tentang Pramugari yang Bikin Senewen

Standard
all test seleksi masuk pramugari

photo source: Pincess Florist (Facebook)

Udah beberapa hari terakhir ini gue dibikin senewen sama suatu hal. Beberapa followers di akun twitter @forumpramugari yang gue kelola ngetweet minta info tentang buku-buku bertema pramugari. Ada pula yang nanyain di mana bisa pesan buku tersebut. Jelas gue kaget karena nggak ngerti apa yang mereka maksud.

Hah, buku apaan?

Gue telusuri timeline dan menemukan bahwa belakangan ini muncul beberapa buku tentang dunia pramugari yang beredar di toko buku. Beberapa judul yang gue temui antara lain, “Diary Pramugari” karangan Agung Webe, “Rahasia Terbesar Pramugari Udara” oleh Bunda Lily, dan yang terbaru adalah buku berjudul “All Test Seleksi Masuk Pramugari” karya Denidya Damayanti.

Dua judul buku pertama udah pernah gue lihat sebelumnya, berjejer di rak buku fiksi di toko buku besar seperti Gramedia dan Gunung Agung. Tapi untuk judul buku terakhir, gue baru tau dari tweet followers. Kayaknya ini emang buku baru sih, soalnya waktu terakhir kali gue ke Gramedia di Grand Indonesia, gue nggak ngeliat buku ini. Atau mungkin juga distribusi bukunya belum merata di seluruh toko buku besar. Pas ke Jakarta lagi dalam waktu dekat ini, gue kayaknya harus ngubek-ngubek toko buku yang lainnya untuk beli buku-buku tentang pramugari ini dan membacanya segera.

Oke, jadi kenapa di awal postingan ini gue bilang kalo gue lagi senewen?

Sebabnya adalah saat gue googling buku “All Test Seleksi Masuk Pramugari”, gue belum menemukan satu pun review tentang buku tersebut. Padahal menurut followers yang ngetweet dan ngebicarain buku ini, mereka udah ngeliat buku tersebut dijual di banyak toko buku. Judulnya provokatif dan menarik mata. Gue aja tertarik pengen beli dan baca, walaupun sebetulnya rada nggak yakin sama tampilan sampulnya. Banyak hal terlintas di benak gue saat melihat judul buku itu.

“Wah, seleksi masuk pramugari untuk maskapai mana aja yang dibahas di buku ini?”

“Ada tips dan trik yang berguna nggak di dalamnya?”

“Sumber tulisannya dapat dari mana? Pengalaman pribadikah? Atau hasil wawancara dengan pramugari sebagai narasumbernya?”

Dan pertanyaan yang paling penting dari semuanya,

“Yang nulis siapa? Pramugari? Mantan pramugari? Instruktur?”

Betapa geregetannya gue saat menemukan hasil pencarian di Google atas nama sang pengarang. Keywords yang muncul malah merujuk pada judul-judul buku lainnya, yaitu:

“Aneka Menu Sehat & Lezat Balita untuk 31 Hari”

“Makan Enak Tanpa Takut Gemuk”

“Aneka Resep Bubur Sehat, Jus Buah & Camilan”

“Cara Bijak Hancurkan Lemak Jahat”

Mbak Denidya Damayanti, sang pengarang buku, sebenarnya pramugari atau pakar makanan sehat sih? Jadi penasaran dengan profil penulis yang satu ini. Karena baik Agung Webe dan Bunda Lily yang mengarang dua buku tentang pramugari lainnya masih bisa gue telusuri profilnya secara online. Keduanya memiliki pengalaman sebagai awak kabin dan, terlepas dari bagaimana isi bukunya (gue belum bisa komentar atau kasih review karena belum baca), mereka cukup relevan untuk menulis buku tentang profesi yang pernah mereka jalani.

Sementara Denidya ini, gue masih nggak tahu dia siapa dan apakah buku yang dikarangnya memberi banyak tips dan masukan bagi para flight attendant wannabes. Gue berharap demikian, bahwa yang bersangkutan adalah seorang instruktur, pramugari atau mantan pramugari dan buku yang ditulisnya berguna untuk banyak orang di luar sana yang bercita-cita jadi pramugari.

Kalau ternyata bukan, maka perasaan senewen gue ini sepertinya harus gue alami dalam waktu yang cukup lama. Masak orang lain bisa nulis buku tentang pramugari, tapi gue sendiri enggak? Kedengeran sotoy banget, tapi ide nulis buku ini sebenarnya cita-cita gue sejak dua tahun lalu yang masih belum terwujud akibat penyakit lama yang suka kumat: procrastination.

Bagi yang beli / punya dan udah pernah baca bukunya, tolong kasih komentar dong gimana isi bukunya menurut kalian. Belinya di toko buku mana (maksud gue lokasi toko bukunya ya, bukan sekedar nyebut toko buku Gramedia, karena Gramedia pun cabangnya ada banyak). Yang kebetulan sempat mampir ke toko buku terdekat, tolong liatin juga apakah salah satu atau ketiga judul buku tentang pramugari yang gue sebut di atas ada dan dijual di toko buku tersebut.

Thanks a lot for reading this silly post. Any comments about those books will be very helpful and highly appreciated.

4 responses »

  1. Hallo, salam kenal. Aku baca tulisanmu di Kompasiana, jadi nyasar ke sini deh, hehe. Gimana nih kelanjutannya? Apa ada kabar dari si plagiator? Susah ya, kalau alamat penerbitnya aja gak jelas. Good on you for naming and shaming the culprit. Moga-moga dia masih punya hati nurani….

Leave a Reply

