Kangen Makan Kue Serabi Lagi :)

Standard

penjual serabi

Ada yang pernah makan kue Serabi? Pastilah hampir semua orang Indonesia pernah mencicipi kue yang satu ini ya.. Kalau belum, paling nggak udah pernah denger nama kue ini dong ya, hehehe~

Beberapa waktu yang lalu, gue menemani nyokap pergi ke suatu tempat. Dalam perjalanan, nggak sengaja kami melihat seorang wanita muda sibuk menata jejeran tungku kecil yang unik. Eh, apa tuh? Gue pun memutuskan untuk mampir ke pinggiran jalan tempat wanita muda itu berdiri. Ternyata dia jualan serabi. Waahhh, kue serabi! Lo boleh bilang gue katrok atau kampungan, tapi to be honest, gue udah lamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget nggak makan kue tradisional yang satu ini.

Dengan semangat empat lima, gue memperhatikan bagaimana si penjual serabi memasak kuenya. Wah, keren! Cepet banget dan cekatan juga dia bikin kue-kue itu. Sebuah kue serabi hanya dihargai Rp 1.000 dan kami pun membeli sepuluh buah. Gue pun buru-buru mengeluarkan hape dan sedapat mungkin merekam lapak jualan serabi itu.

Si penjualnya tersenyum melihat kelakuan gue. Mungkin karena kasian ngeliat gue kampungan banget mau makan serabi sampe segitunya, dia pun memberi bonus sebuah kue serabi buat gue. Jadi kami pulang ke rumah dengan membawa sebelas buah kue serabi, hehehe~

Penjualnya bilang, kue serabi itu berasal dari Kuningan, Jawa Barat. Gue pun mengangguk-angguk saja. Sesampainya di rumah, gue segera googling mencari tau dari mana asal muasalnya kue bulat berkuah manis ini.

kue serabi

Gue nggak mendapati hasil yang memuaskan tentang daerah asal si serabi. Tapi ternyata serabi atau di beberapa daerah disebut juga surabi, memiliki akar kata “sura” yang dalam Bahasa Sunda artinya besar. Tapi di sisi lain, kata “sura” atau “suro” dalam Bahasa Jawa juga berarti besar. Waduh, mana yang bener nih ya.. Apakah serabi berasal dari Jawa Barat atau Jawa Tengah?

Nyokap cuma geleng-geleng kepala pas ngeliat gue bingung gitu. Dia pun menyahut, “Tinggal makan aja kok repot.” Hehehehehe~

9 responses »

    • @Bang Dzul: Serabi Notosuman itu asalnya dari Solo kan ya kalo ga salah… Wah, aku baru tau kalo di BSD ada cabangnya.. tapi kejauhan kalo dari rumahku ke sana hehehe😀

    • @Cumi MzToro: Belum pernah nyobain serabi Enhai.. padahal dulu lumayan sering ke Bandung.. tar deh googling tempatnya di mana sekalian nyobain pas ke sana. Thanks buat infonya ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s