Sabang, Wisata Aceh Impian Saya

Standard
Peta Wisata Sabang (foto: dok. Hijrah Saputra Yunus)

Peta Wisata Sabang (foto: dok. Hijrah Saputra Yunus)

Kota Sabang  kerap kali saya dengar disebut dengan merdu, mulai dari lagu nasional hingga  ke jingle iklan produk mie instan. Sabang terletak di Pulau Weh yang merupakan titik terujung di sebelah barat wilayah Indonesia. Karena posisinya tersebut, di sana terdapat Monumen Titik Nol Kilometer yang terkenal itu.

Seumur-umur saya belum pernah pergi ke Aceh, apalagi menyambangi kota Sabang. Satu-satunya Sabang yang pernah saya datangi adalah nama sebuah jalan yang terkenal akan wisata kulinernya di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Saya kembali mendengar tentang kota Sabang saat mengikuti program promosi wisata ke Selangor, Malaysia pada akhir Januari lalu.

Di antara rombongan wisatawan Indonesia, banyak yang berasal dari Aceh. Salah satunya adalah Hijrah Saputra Yunus, blogger sekaligus business owner Piyoh Design yang memperkenalkan saya akan kota Sabang melalui cerita-ceritanya. Bukan hanya cerita, Hijrah juga memberikan saya sebuah kaos keren berwarna merah dengan tulisan “Sail to Sabang, Weh Island”.

Saya berpose di depan Twin Tower, KL sambil mengenakan kaos Sabang (foto: dok. Rusli Abd. Wahab)

Saya berpose di depan Twin Tower, KL sambil mengenakan kaos Sabang (foto: dok. Rusli Abd. Wahab)

Karena senang mendapat kaos Sabang yang bagus itu, saya pun memutuskan untuk memakainya pada malam hari saat saya hendak berkunjung ke Twin Tower. Di sana saya berfoto dengan berlatarkan pemandangan menara kembar yang gemerlapan dengan cahaya sambil memamerkan kaos Sabang tersebut. Hitung-hitung sekalian promosi pariwisata Sabang kepada para ratusan pengunjung menara kembar lainnya, meski saya belum pernah ke Sabang, hehehe😀

Harapan saya suatu hari nanti bisa mengunjungi kota Sabang dan menelusuri tempat-tempat wisata seperti yang diceritakan Hijrah kepada saya. Karena itu saya senangnya bukan main saat tak berapa lama kemudian saya mendengar tentang kompetisi blog I Love Aceh Story.

Lomba blog berhadiahkan wisata gratis ke Aceh itu saya dapati infonya dari twitter @iloveaceh. Rasanya senang sekali saat mendengar kesempatan emas ini. Sampai-sampai saya berpikir, apakah ini pertanda? Memakai kaosnya dulu baru mengunjungi Sabang kemudian?😀

Bila boleh berandai-andai, saya ingin sekali mengunjungi beberapa lokasi yang menarik di Sabang seperti yang ada di peta di atas. Ingin sekali pergi ke Pantai Iboih yang rasanya wajib dikunjungi oleh penyuka pasir pantai dan deburan ombak laut seperti saya ini. Duh, seandainya saya bisa benar-benar pergi ke sana dan memotret keindahannya secara langsung!

Sebagai pecinta monyet, saya pun ingin melihat tingkah polah kawanan hewan primata yang menggemaskan ini di sepanjang jalan menuju Monumen Titik Nol Kilometer.

Seekor monyet makan kacang panjang di atas bahu saya di Bukit Melawati, Malaysia (foto: dok. Kus Andi)

Seekor monyet makan kacang panjang di atas bahu saya di Bukit Melawati, Malaysia (foto: dok. Kus Andi)

Katanya mereka jinak dan bersahabat, apalagi bila diberi makan pisang. Jadi teringat dengan monyet-monyet yang saya beri makan sewaktu berkunjung di Bukit Melawati, Malaysia. Saya merasa senang dan terhibur dengan kelucuan mereka, jadi ingin rasanya mengulang hal serupa bila berkunjung ke Sabang.

Selain mengunjungi tempat-tempat tersebut, saya pun ingin mencicipi kuliner khas seperti Mie Jalak, Mie Pingsun, Sate Gurita, dan tentunya kopi khas Aceh.

Ragam kuliner khas Aceh yang menggiurkan (foto: blog Piyoh, website Indonesia Travel dan AtjehPost.)

Ragam kuliner khas Aceh yang menggiurkan (foto: blog Piyoh, website Indonesia Travel dan AtjehPost.)

Sebagai orang yang gemar makan dan memotret makanan, wisata kuliner itu wajib hukumnya bagi saya. Makanan khas daerah yang dikunjungi pun harus dicoba agar tidak ada penyesalan saat saya kembali pulang dari wisata. Hmm, semoga saja harapan saya untuk mengunjungi Aceh bisa terkabul melalui kompetisi blog I Love Aceh Story ini😀

26 responses »

      • yea.. still this. it’s proven that u still remember it, right?😄
        really wish u can make it since I’ll be waiting for another remarkable story of yours.

    • @Winny: iyaa, semua makanan pada dasarnya bikin aku ngiler, hahaha😀
      Aku juga belum pernah makan gurita, penasaran banget pas denger ceritanya si Citra dan Husni di grup, makanya semoga aja bisa beneran nyoba Satai Gurita di Aceh *ngarep*

      hahaha, yah gapapa deh, Win.. soalnya emang karna si Hijrah cerita-cerita soal Sabang makanya aku penasaran! apalagi pas dikasih kaosnya, makin pengen ke sana deh >.<

    • @Huda: iyaa, pasti asik ya kalau blogger Malaysia bisa ikutan juga.. sayangnya tahun ini hanya blogger Indonesia saja, Huda.. semoga tahun depan lomba ini diadakan lagi dan terbuka untuk non-Indonesia🙂

    • @Bang Kasri: iya, kayaknya asik banget! udah gitu bisa ketemu blogger Aceh juga… entahlah ini postinganku dimasukkan ke dalam penjurian atau ga.. sedih banget pas tau jam deadlinenya diubah dari jam 23.55 jadi jam 18.00😥

    • @p49it: kalo denger cerita dari temen-temen Aceh makanan ini enak banget katanya.. berhubung aku doyan seafood, kalo ke Aceh aku mesti nyobain ini, hehehe..

      Thanks ya udah mampir lagi ke sini dan komen.. kamu ikutan I Love Aceh Story juga ga?🙂

  1. @Winny: iya, sayang banget, Win.. waktu itu sih aku minta dibawain sama Hijrah, pake mohon-mohon segala biar dapet kaos Sabang hahahaha😀

    Maksudmu kalo ke tugu nol kilometer kita dapet sertifikat yang nandain kalo kita pernah ke sana gitu, Win? Waaahh, asik banget! Dulu aku pernah ke tugu nol kilometer di Menara Siger, Lampung tapi ga dapet sertifikat lho.. wah, jadi makin pengen ke Sabang😀

Leave a Reply

