Visiting the Magnificent Galeri Diraja Sultan Abdul Aziz

Standard

cover_galeri

Setelah beranjak meninggalkan kota tua Klang, tujuan kami berikutnya adalah Galeri Diraja Sultan Abdul Aziz. Dari nama tempatnya, kedengarannya para blogger MSS 2013 akan diajak mengunjungi semacam museum yang berkaitan dengan Sultan Abdul Aziz. Hmm, jadi penasaran ada apa saja di dalamnya ya?

Saat tiba di sana, kami disambut oleh staf museum yang ramah. Seorang wanita berkerudung berwajah cantik yang mempersilakan kami untuk melihat sekeliling galeri. Saat memasuki galeri itu, saya terkejut melihat sebuah stiker yang tertempel di kaca pintu masuk.

Di situ tertulis, “Ditegah” (dalam Bahasa Indonesia berarti “dilarang”), dengan lambang aktivitas yang tidak diizinkan di dalam galeri tercantum di bawah tulisan itu. Demi alasan privasi dan menjaga kelestarian beberapa benda bersejarah di dalamnya, pengunjung galeri ini dilarang makan, minum, merokok, memakai helm, membuang sampah sembarangan, membawa binatang peliharaan, daannn….. memotret! 

Larangan memotret tentu saja membuat hati saya menciut! Duh, blogger macam apa yang tidak punya foto sebagai bukti kunjungan? Sudah jauh-jauh datang ke sini, sayang sekali kalau tidak bisa mengabadikan keindahan di dalamnya. Begitu pikir saya.

Namun, kekhawatiran saya meredup saat staf museum tersebut memberitahukan bahwa khusus blogger My Selangor Story 2013 diperbolehkan memotret dan merekam video di dalam galeri!

Blogger MSS 2013, Helga dan Winny, berpose di depan foto Sultan Selangor masa kini :)

Blogger MSS 2013, Helga dan Winny, berpose di depan foto Sultan Selangor masa kini🙂

Miss Chai, teman setia perjalanan kami, ikut berpose di depan koleksi medali milik Sultan :)

Miss Chai, teman setia perjalanan kami dalam MSS 2013, ikut berpose di depan koleksi medali milik Sultan🙂

Blogger MSS 2013, Ridha, berpose bersama patung macan. Tebak yang mana macan, yang mana Ridha? :D

Blogger MSS 2013, Ridha, berpose bersama patung macan. Tebak yang mana macan, yang mana Ridha?😀

Waaahh, rasanya senang sekali begitu mendengar itu! This is, I admit, the privilege of being a blogger😀 Tak mau menyia-nyiakan kesempatan yang sudah diberikan, saya pun mengabadikan benda-benda berharga yang dipajang di galeri tersebut dalam bentuk gambar dan video.

Abd3

Abd2

Abd6

Galeri Diraja Sultan Abdul Aziz (Sultan Abdul Aziz Royal Gallery) merupakan museum yang diprakarsai oleh Yang Dipertuan Agung Malaysia ke-sebelas, almarhum Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah. Bangunan galeri yang bergaya kolonial ini merupakan rancangan A.B. Hubback di tahun 1909.

Di era kolonialisme, bangunannya digunakan sebagai kantor pemerintahan administratif Inggris. Kemudian berubah menjadi kantor pusat urusan perang oleh Jepang di masa Perang Dunia II.

Setelah Inggris dan Jepang tak lagi mendiami Malaysia, gedung ini beberapa kali dipakai untuk keperluan administratif lainnya. Barulah pada tahun 2005 fungsinya diubah sebagai galeri kerajaan.

Abd7

Abd10

Abd5

Namanya saja galeri, sudah pasti berisi beragam benda berharga koleksi Sultan Abdul Aziz semasa hidupnya. Meskipun sudah lama berdiri, galeri ini baru dibuka untuk umum pada tahun 2007 lalu di masa pemerintahan putranya, Sultan Sharafuddin Idris Shah.

Beruntung para blogger My Selangor Story 2013 diajak ke sini dan diperbolehkan mengabadikan gambar di dalamnya. Sebab koleksi benda berharga Sultan Abdul Aziz sangat banyak dan hampir semuanya merupakan barang langka atau hanya dibuat khusus untuk sultan dan keluarganya pada masa itu.

Semua benda-benda koleksi Sultan Abdul Aziz tertata dengan baik dan dirawat dengan khusus oleh para staf museum. Meskipun saya tak mengenal sosok sang sultan, melihat koleksi benda-benda berharganya juga menyaksikan video tentang dirinya yang diputar di ruang audio membuat saya memahami sedikit tentang dirinya.

Selama berada di galeri ini, saya berjalan agak lambat dari biasanya dan melihat dengan seksama benda-benda peninggalan Sultan Abdul Aziz. Rasanya seolah sang sultan masih ada dan ‘berbicara’ melalui benda-benda peninggalannya. Mystically magnificent!

Abd8

a closer look of the beautiful belts and shoes...

a closer look of the beautiful belts and shoes…

Abd11

Some of the notable outfits of Sultan Abdul Aziz

Some of the notable outfits of Sultan Abdul Aziz

Makin penasaran dengan benda-benda pajangan di Galeri Diraja Sultan Abdul Aziz, kan? Buat yang belum pernah berkunjung ke galeri ini (atau sudah pernah, tapi dilarang mengambil gambar di dalamnya) dua video berikut ini saya persembahkan untuk kalian!

Bagaimana pendapat kalian setelah melihat kedua video itu? Jadi makin penasaran ingin berkunjung ke sana, kan? Bagi yang mau mengunjungi Galeri Diraja Sultan Abdul Aziz, peta dan travel tips berikut ini mungkin membantu perjalanan menuju ke sana.

Peta ini merupakan dokumentasi resmi website Galeri Diraja Sultan Abdul Aziz

Peta ini merupakan dokumentasi resmi website Galeri Diraja Sultan Abdul Aziz

Travel Tips:

– Jangan coba melanggar larangan yang sudah ditetapkan Galeri Sultan Abdul Aziz bila tidak ingin ditegur oleh staf atau petugas keamanan.

– Bila memang ingin sekali mengambil gambar atau merekam video di dalam galeri, hubungilah pihak galeri dari jauh hari dan jelaskan identitas diri serta tujuan pengambilan gambar. Upayakan tujuannya menguntungkan pihak galeri.

– Bagi yang berkunjung dalam rombongan, usahakan untuk mengatur barisan dengan rapi selama berada di dalam. Jangan berisik atau mengganggu pengunjung lain yang sedang menikmati koleksi galeri tersebut dengan tenang.

– Berhubung makan dan minum dilarang, usahakan sarapan atau makan siang terlebih dahulu sehingga kunjungan ke galeri pun dirasa nyaman.

*Note:
1. Hari ke-dua My Selangor Story 2013 masih belum usai! Dari Galeri Diraja Sultan Abdul Aziz, kami berkunjung ke Little India dan mendapat banyak kejutan! Seperti apa ceritanya? Simak di postingan blog selanjutnya! Stay tuned😉

2. Baca juga cerita hari ke-dua sebelumnya, “Exploring the Heritage of Klang”

3. Cerita hari pertama di Selangor dapat dibaca di postingan blog berjudul “Dreams Come True in Selangor”

15 responses »

  1. buset lah foto gue yang disini lebih serem lagi
    mana itu mata gue mana?
    hahahaha

    beruntung waktu itu kita dibolehin ambil gambar
    kalo nggak ya apalah gunanya mampir kesana
    #tsaah

    • @Ericka: hehehehe, si Ridha emang kocak! pas dia lagi berpose gitu, salah satu staf museumnya ngeliatin dia dengan tatapan aneh gitu.. mungkin dikira gila atau udik kali ya, hihihihi :))

  2. Pingback: Big Surprise in Little India « dearmarintan's blog

  3. Pingback: A Splash of Fun in Sunway Lagoon « dearmarintan's blog

  4. Pingback: Amazed by Thaipusam Celebration at Batu Caves « dearmarintan's blog

  5. Pingback: Enjoying the Night in KL « dearmarintan's blog

  6. Pingback: Welcome to Heaven on Earth! « dearmarintan's blog

  7. Pingback: From Yoga to Feeding Silverleaf Monkeys « dearmarintan's blog

  8. Pingback: Good Food Brings Good Mood « dearmarintan's blog

  9. Pingback: Watching Fireflies in Kampung Kuantan « dearmarintan's blog

  10. Pingback: My Selangor Story in Summary | dearmarintan's blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s