Antara Buku dan Baju Natal

Standard

Kang Gyu Ri (the kangaroo doll) and some of my books at office

Gue sangat menyukai buku. Entah kapan persisnya, yang jelas sudah sejak SD gue suka baca buku. Buku apa aja. Buku cerita, buku ensiklopedia bergambar, buku teka-teki, komik, novel, biografi, sampe buku sejarah. Kesukaan gue membaca buku ini membuat gue dipercaya sebagai asisten perpustakaan saat SD dan SMP. Waktu itu, bukan hanya gue punya kartu peminjaman buku yang lebih tebal (bisa 5-6 kartu dalam setahun) daripada kebanyakan murid lainnya, gue juga dipercaya megang kunci cadangan untuk perpus. Jadi kalau librariannya ga masuk, ya gue dan biasanya seorang murid lainnya yang membuka perpus dan bergantian menjaga setiap jam istirahat.

Kebiasaan gue membaca buku berlanjut hingga sekarang. Gue nggak tau udah berapa jumlah buku yang gue beli hingga saat ini saking banyaknya. Jujur, ada beberapa buku yang memang belum gue baca. Terutama yang tebal dan berbahasa Inggris. Tapi kebanyakan buku sudah gue baca semua sampai habis, minimal sekali.

Gue termasuk orang yang royal dalam belanja buku (dan nonton film! Hmm, untuk hobi yang ini akan gue bahas kapan-kapan). Jadi nggak heran kalo baju, sepatu, dan tas yang gue punya nggak sebanyak temen-temen cewek lainnya. Kadang ini membuat nyokap gue marah. Soalnya, menurut dia, gue sering nggak merhatiin penampilan. Aneh. Gue nyaris nggak pernah keluar rumah dengan tampang awut-awutan dan penampilan berantakan (kecuali di pagi hari saat berangkat kantor, karena biasanya gue dandan pas udah nyampe). Gue selalu tampil rapi, bersih, dan wangi, Tapi rupanya itu dianggap nggak cukup.

Kemarin saat beres-beres pakaian, nyokap gue menemukan jumlah baju adik gue yang cowok jauh lebih banyak daripada baju gue. Sementara gue? Udah baju cuma sedikit, kebanyakan udah tua usianya. Emak gue pun ngomel-ngomel, “Kau ini kapan berhenti beli buku? Bajumu itu jelek semua. Sebentar lagi udah mau Natal,” katanya.

Gue sih cuma iya-iya aja. Menurut gue, baju Natal baru bukan hal yang istimewa. Lagipula, Natal selalu mengingatkan gue akan black week before Christmas di tahun 2006 yang bikin gue nggak terlalu antusias tentang perayaan itu seperti tahun-tahun sebelumnya.

Jelang Natal, seperti kebanyakan toko lainnya yang cuci gudang, toko buku pun berlomba-lomba melontarkan diskon. Nggak hanya di book fair yang minggu lalu gue kunjungi di Istora Senayan aja, tapi juga sampai di kantor gue. Di main lobby Setiabudi Atrium mulai hari Senin lalu sampai akhir pekan ini ada book fair dengan diskon yang menarik! Diskon 10-25% untuk buku-buku baru dan ada juga buku-buku nggak-baru-tapi-juga-nggak-lama-lama-amat yang dipatok cuma Rp 5.000 – Rp 30.000. Hmm, menarik!

Berhubung buku terlihat lebih menarik di mata gue, dan berhubung rak buku diskonnya berada nggak jauh dari main lobby, jadilah gue membeli empat buku baru yang menambah panjang daftar koleksi buku gue. Dan keempat buku itu gue dapatkan hanya dengan total belanja Rp 20.000 aja! Hehehehe~

Buku-buku itu untuk sementara gue amankan di kantor. Soalnya, gue lagi nggak pengen diceramahin tentang “Belum beli baju Natal, malah udah borong buku lagi”.

Anyway, saat ini gue lagi baca buku traveling The Naked Traveler 4 karangan Trinity (ini minjem punyanya si Martha, temen di kantor) sama Step by Step to Stand Up Comedy karangan Greg Dean (ini beli di book fair kemarin). Kalo lo, lagi baca buku apa nih sekarang?

6 responses »

  1. sama, tan. aku mendadak merasa krisis baju. giliran udah niat bulan ini maunya belanja baju dan stop sementara belanja buku, segala diskonan buku ada di mana-mana.

    GIMANA INI MAMAAAAAAHH.😐

    • @Uthie: Tiiiii, welcome to my blog🙂

      Hehehe iya nih, kayaknya kita punya masalah yang sama untuk urusan satu ini..
      Terus gimana, akhirnya kamu jadi beli baju baru ga? Apa kegoda sama buku-buku diskonan? Hehehe~

Leave a Reply

