Refleksi Dua Tahun Blogging

Standard

picture taken from gapingvoid.com

Blog personal yang beralamat di https://dearmarintan.wordpress.com/ ini baru tanggal 23 Juli kemaren genap berumur 2 tahun. Masih batita. Bisa dibilang belum banyak pencapaiannya. Tapi gue tetap bersyukur karna blog ini pelan-pelan mulai punya loyal readers yang notabene temen-temen sendiri hehehe😛

Di masa-masa awal gue blogging, terus terang postingan gue masih random. Ngacak dan juga bercampur dengan kerjaan gue (waktu itu) sebagai jurnalis politik hukum. Beberapa hasil wawancara dengan narsum bahkan gue masukin ke blog ini. Hasilnya? Udah pasti ga jelas, hehehe..

Setelah setahun berlalu, gue pun memutuskan untuk lebih serius lagi blogging. Gue pengen bisa punya self-brand yang baik melalui blog ini. Caranya gimana? Gue memutuskan untuk lebih serius nulis tentang hal-hal yang gue suka dan gue dalemin, yaitu segala hal berbau Korea dan dunia aviasi yang gue suka. Dua tema besar yang pastinya beda banget dan ga ada hubungannya satu sama lain. Saking ga ada hubungannya, akhirnya gue memutuskan untuk bikin dua blog baru dan terpisah dari personal blog ini untuk mengakomodasi pemikiran gue tentang dua topik itu. Selain bikin dua blog baru, gue juga mulai blogging di platform keroyokan seperti Politikana dan Kompasiana. Tentang blog-blog tambahan ini nantinya akan gue ceritakan dalam postingan terpisah.

Lalu, setelah punya dua blog baru dengan tema yang lebih spesifik itu, apa yang terjadi sama blog personal gue ini? Namanya juga personal blog. Maka gue pun memutuskan untuk menulis semua hal yang ada kaitannya dengan kehidupan gue sehari-hari. Apa yang gue liat, baca, denger, alami, rasain, Masih campur aduk emang, tapi seenggaknya nggak serandom dulu ketika gue juga masukkin postingan tentang kerjaan segala, hahaha.. Sekarang sih postingan-postingan random itu udah gue hapus dari blog personal ini.

Selain nyeritain tentang hal-hal yang berkaitan dengan hidup gue, blog ini juga gue pake buat ikutan lomba blogging. Postingan terkait lomba, gue labeli dengan tag Contest / Quiz. Ada beberapa lomba nulis blog yang gue ikuti dengan memakai domain blog ini, di antaranya Touch Korea Tour Blogging Contest, Kontes Ngeblog VOA (Periode Mei 2012), dan Kompetiblog 2012. Gue belum beruntung di dua kontes pertama, tapi untungnya gue berhasil jadi Juara 3 di Kompetiblog 2012.

Menjuarai lomba blog adalah prestasi tersendiri bagi seorang blogger. Once you have won a blogging competition, you are not just ‘a’ blogger anymore. It’s both online and offline recognition of yourself as a blogger. Orang-orang mulai memperhatikan tulisan lo di blog dan mengharapkan ada postingan baru yang menarik atau lebih menarik lagi dari postingan sebelumnya.

Gue pengen bisa jadi blogger terkenal yang punya pengaruh bagi blogwalker yang mampir ke sini. Memang ga bisa instan, tapi gue yakin kalau gue lebih rajin nulis dan merhatiin isi konten, tampilan blog, dan aktif bersosialisasi di komunitas blogger, gue bakalan bisa.

Anyway, tampilan blog yang sekarang lagi kamu baca ini adalah hasil utak-atik kemarin. Selain tampilan, gue juga mengupdate widget yang ada di sidebar dan blogger profile gue. Contents of this blog are expected to be in line with my new profile as written below:

Androidholic. Born matchmaker. Classics reader. Community and Event enthusiast. Culture and Language freak. Foodtographer. K-Pop and Movie fan. Kompasianer. Men with glasses lover.

Thanks a lot udah mampir ke blog ini… Enjoy!

2 responses »

Leave a Reply

