Rencana Saya Mempromosikan Touch Korea Tour

Standard

Rencana Saya Mempromosikan Touch Korea Tour

Terpilih sebagai wakil dari Indonesia untuk jalan-jalan ke Korea Selatan bersama 2PM dan Miss A pasti luar biasa menyenangkan. Semua orang ingin sekali mendapatkan kesempatan ini, sayangnya hanya satu orang yang beruntung terpilih. Karena itu, siapapun yang terpilih bertugas untuk mempromosikan kegiatan Touch Korea Tour yang diselenggarakan oleh Korea Tourism Organization ini agar semakin banyak orang Indonesia yang ingin berwisata ke negeri ginseng tersebut.

Bila saya yang terpilih sebagai pemenang, inilah yang akan saya lakukan untuk mempromosikan kegiatan Touch Korea Tour.

1. Mempromosikan lewat Facebook

Facebook (sumber: The Telegraph UK)

Dengan tagline “Facebook helps you connect and share with the people in your life” (Facebook membantu Anda terhubung dan berbagi dengan orang-orang dalam hidup Anda) website media sosial yang mulai online sejak tahun 2004 ini hampir tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Setiap kali membuka akun Facebook, News Feed penuh berisi dengan status, foto, video, maupun note terbaru yang dibuat oleh teman-teman kita.

Berbagi dengan teman-teman Facebook tentang Touch Korea Tour sangat efektif karena mereka bisa mengklik apa yang kita share dan melihat atau membacanya. Bila mereka menyukai wall post kita, maka mereka akan memberi like, komentar, atau bahkan share kepada teman-teman di akun Facebook personal mereka. Saat ini saya memiliki 1.641 teman di akun Facebook dengan komposisi 80 persen di antaranya merupakan teman-teman yang saya kenal secara dekat atau pernah bertemu. Adanya cerita, foto, status maupun info yang saya bagi melalui Facebook akan membuat teman-teman saya tertarik. Saya percaya bila sebuah info atau rekomendasi dibagikan oleh orang yang dikenal secara akrab tentu akan lebih besar pengaruhnya.

Selain berbagi dengan teman-teman di akun Facebook personal, saya juga akan membagikan link postingan saya di akun, grup, maupun fan page Facebook penggemar budaya Korea dan KPop. Ada beberapa akun Facebook yang memiliki basis fans dan friends yang kuat di antaranya Korea Tourism Organization (Indonesia), Korean Cultural Center Indonesia, KBS World Radio Indonesian, Talk To Me In Korean Indonesia, ASEAN – Korea Centre, Korea Clickers, Belajar Bahasa Korea, dan tentu saja Say A (Miss A) Indonesia dan Hottest Indonesia. Semua akun tersebut memiliki ribuan teman dan penggemar, sehingga berbagi postingan blog, foto, maupun info tentang Touch Korea Tour kepada akun-akun tersebut akan membantu promosi wisata Korea Selatan lebih luas lagi.

2. Mempromosikan lewat Twitter

Membuat status lewat Twitter dibatasi oleh 140 karakter karenanya dalam berbagi status atau foto, kita harus pandai dalam menghitung sisa karakter agar twit bisa dibaca utuh oleh followers. Meski terbatas karakternya, Twitter merupakan media sosial yang sangat efektif dalam menjaring informasi yang sedang ramai dibicarakan (dikenal dengan istilah trending topic). Indonesia sebagai negara pengguna Twitter terbesar ke-tiga di seluruh dunia sudah berkali-kali membuat trending topic worldwide melalui situs berlambang burung biru ini.

Bila terpilih sebagai pemenang, saya akan terus update di Twitter apa saja yang saya lakukan dan alami selama kegiatan Touch Korea Tour berlangsung. Saya akan membuat hashtag #TouchKoreaTour untuk menandai status tentang kegiatan tersebut. Followers saya yang menyukainya bisa me-retweet ataupun memberi komentar sehingga makin banyak orang yang mengetahui tentang Touch Korea Tour. Bila banyak orang di Twitter yang membicarakan kegiatan ini, maka #TouchKoreaTour bisa menjadi trending topic worldwide sehingga promosinya lebih luas lagi.

Lebih seru lagi bila teman-teman peserta Touch Korea Tour yang terpilih dari berbagai negara juga saling me-retweet status yang dibuat. Dengan demikian, bukan hanya pengguna Twitter dari Indonesia saja yang mengetahui tentang kegiatan Touch Korea Tour, tapi juga banyak orang lainnya dari negara-negara peserta.

3. Mempromosikan lewat Blog

Blogging lebih mudah pakai ponsel Android (sumber: androidauthority.com)

Saya merasa sangat beruntung karena bisa, terbiasa, dan hobi menulis. Hobi saya blogging semakin mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja sejak memakai ponsel Android. Bila terpilih sebagai pemenang, saya akan menulis pengalaman saya selama mengikuti kegiatan Touch Korea Tour lewat blog-blog yang saya miliki. Selain blog pribadi (dearmarintan.wordpress.com) ini, saya juga memiliki beberapa blog lain yang bisa menjadi sarana promosi Touch Korea Tour, yaitu:

a. Hallyu Cafe (http://www.hallyucafe.com/)

Ini adalah blog KPop yang saya kelola bersama teman-teman pecinta KPop dan budaya Korea sejak 15 November 2010. Sejauh ini Hallyu Cafe memiliki cukup banyak pembaca di blog, fans di Facebook, dan followers di Twitter. Saya akan membuat banyak postingan singkat tentang tempat-tempat wisata, kuliner khas, benda-benda unik, serta petualangan seru selama berada di Korea Selatan. Saya juga akan membuat kuis berhadiah pernak-pernik cantik dari Korea.

b. My Korean Journal (mykoreanjournal.tumblr.com)

Ini adalah blog tentang Korea yang saya kelola secara pribadi. Seluruh postingan saya sampaikan dalam Bahasa Inggris agar lebih banyak orang yang membaca. Blog ini dibuat di platform blog Tumblr yang memiliki fitur Like, Reblog, dan Follow. Fitur-fitur tersebut sangat membantu banyak blogger Tumblr lainnya untuk berbagi postingan blog yang mereka sukai kepada teman-teman mereka. Ini tentu saja bisa memperkuat promosi tentang kegiatan Touch Korea Tour lebih luas lagi.

c. Kompasiana (http://www.kompasiana.com/dearmarintan)

Ini adalah blog Citizen Journalism terbesar di Indonesia. Nama Kompasiana yang identik dengan media Kompas memiliki reputasi yang baik dan setiap harinya situs ini dikunjungi sekitar 7 juta orang. Yang menarik, di Kompasiana setiap tulisan dikelompokkan secara tersendiri ke dalam kanal-kanal yang sesuai dengan topik tulisan. Kegiatan Touch Korea Tour tentunya sangat cocok dimasukkan ke dalam kanal Luar Negeri, Wisata, dan Lifestyle. Bila postingan saya disukai, maka Kompasianer (sebutan untuk blogger di Kompasiana) lainnya bisa memberikan komentar, rating, share artikel lewat Facebook, Twitter, Linked In, dan Google Plus. Sering pula postingan yang dianggap bagus, dimuat oleh admin atau moderator Kompasiana di bagian Headline (HL), Highlight, atau Terekomendasi. Tentunya bila sebuah artikel masuk dalam tiga kolom tersebut,jumlah pembacanya akan meningkat. Makin banyak yang membaca tentu makin banyak yang mengenal kegiatan Touch Korea Tour dan berminat untuk berwisata ke Korea Selatan.

4. Mempromosikan lewat sesi sharing di Korean Cultural Center Indonesia

Sebagai anggota dan juga murid kelas Bahasa Korea di Korean Cultural Center Indonesia (KCCI), saya sering mengunjungi pameran yang diselenggarakan di main hallnya. Mulai dari pameran kesenian, pameran foto, hingga melukis topeng seperti yang baru-baru ini saya lakukan. KCCI pernah mengadakan pameran foto yang menunjukkan keindahan Pulau Jeju dan itu membuat saya sangat tertarik mengunjungi Korea Selatan.

Kegiatan pameran ini menginspirasi saya untuk melakukan hal yang sama, yaitu berbagi dengan para pengunjung dan murid di KCCI. Namun bukan pameran yang akan saya buat, melainkan sesi sharing di mana saya akan menayangkan slide foto dan video selama mengikuti kegiatan Touch Korea Tour serta bercerita tentang betapa seru dan menyenangkannya berwisata ke Korea bersama 2PM, Miss A, dan banyak teman dari negara lainnya. Melalui sesi sharing ini, saya akan berbagi oleh-oleh dari Korea Selatan kepada para hadirin yang beruntung dan bisa menjawab kuis yang akan saya berikan. Mereka pasti akan sangat senang dan ingin juga berwisata ke Korea setelah melihat presentasi saya.

Ide untuk mengadakan presentasi ini muncul begitu saya melihat brosur yang ada di KCCI berjudul “2012 Propose Project” (info lengkap bisa dilihat di sini). Semoga saja KCCI bersedia untuk membantu terselenggaranya sesi sharing ini bila saya benar-benar terpilih sebagai wakil dari Indonesia untuk acara Touch Korea Tour.

Nah, itulah rencana saya dalam mempromosikan pariwisata Korea Selatan secara umum dan kegiatan Touch Korea Tour secara khusus. Saya berharap bisa terpilih sebagai wakil Indonesia untuk acara ini. Bagaimana dengan kalian, apa saja rencana untuk mempromosikan Touch Korea Tour bila kalian terpilih?

*Tulisan ini saya buat dalam rangka mengikuti kontes Pemilihan Touch Korea Tour Pengalaman Tim Event (klik di sini untuk info lengkapnya). Mohon dukungannya bila kamu menyukai tulisan ini dengan cara mengklik Like pada postingan di Blog, memberikan komentar, atau share via Twitter dan Facebook. Dukungan tak langsung berupa doa juga sangat berarti. Terima kasih :)

**Baca juga tulisan saya sebelumnya untuk kontes ini yang berjudul “Tiga Makanan Wajib Coba di Korea Selatan (klik di sini)” dan tulisan lainnya berjudul “Daftar Oleh-oleh Wajib Beli di Korea Selatan (klik di sini) serta Agenda Kegiatan Seru Selama di Korea Selatan

6 responses »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s