Daftar Oleh-oleh Wajib Beli di Korea Selatan

Standard

Berjalan-jalan ke suatu kota atau negara merupakan pengalaman yang berharga karena kita bisa melihat langsung budaya dan kehidupan sehari-hari orang di sana. Pastinya ada banyak pelajaran dan kenangan yang akan tersimpan dengan baik dalam memori kita. Apalagi kalau bisa terpilih sebagai perwakilan dari Indonesia untuk ikut bertamasya dalam program Touch Korea Tour yang diselenggarakan oleh Korea Tourism Organization (KTO). Wah, pasti menyenangkan ya :)

Sayangnya, yang dipilih hanya satu orang saja. Karena itu, kalau saya yang terpilih, saya akan membeli oleh-oleh khas yang hanya ada di Korea untuk dibagi-bagikan ke keluarga, sahabat, dan juga para blogger beruntung yang mengikuti event ini tapi tidak terpilih ikut ke Korea. Sebelum membuat tulisan ini, saya bertanya kepada sejumlah anggota keluarga dan teman-teman tentang oleh-oleh khas apa yang mereka inginkan kalau saya pergi ke Korea. Berikut ini adalah benda-benda yang ingin saya belikan buat mereka.

1. Hangwa (한과)

Korea Selatan terkenal akan makanan tradisionalnya yang lezat, mulai dari kimchi, samgyetang, bibimbap, kimbap, dan masih banyak lagi. Namun, makanan yang saya sebutkan itu banyak dijual di Jakarta, sementara teman-teman saya penasaran ingin mencoba makanan yang khas Korea, awet dibawa bepergian, dan pastinya tidak dijual atau jarang ditemui di sini. Karena itulah, pilihan pertama dalam daftar oleh-oleh saya jatuh pada Hangwa.

Hangwa adalah kue khas Korea yang terbuat dari tepung beras bercampur madu, gula, minyak wijen, dan bahan-bahan lain, tergantung jenis apa yang mau dibuat. Kue ini sangat istimewa karena biasanya disajikan pada saat festival atau pesta. Harga sekotak Hangwa bervariasi, mulai dari KRW 10.000 (sekitar Rp 80.000) sampai KRW 80.000 (sekitar Rp 640.000). Meskipun mahal, rasanya yang lezat dan ciri khasnya yang sangat Korea membuat Hangwa menjadi oleh-oleh yang layak dibeli. Keluarga dan sahabat-sahabat saya nanti pasti akan merasa senang bila bisa merasakan cemilan manis oleh-oleh khas dari Korea ini.

2. Figurin memakai Hanbok

Ibu saya dan sejumlah teman yang saya kompak menjawab figurin (boneka) yang memakai Hanbok (baju tradisional Korea) sebagai oleh-oleh yang mereka inginkan. Kata mereka, boneka-boneka berhanbok itu akan terlihat sangat bagus saat dipajang di ruang tamu. Ada teman saya yang memang menyukai boneka dan penasaran dengan wujud boneka memakai Hanbok. Sementara ibu saya ingin memiliki boneka Dae Janggeum yang merupakan tokoh drama Korea favoritnya. Mereka pasti akan senang mendapat oleh-oleh boneka yang memakai Hanbok itu.

Figurin berhanbok dibagi menjadi dua kategori, single (satu boneka) dan couple (boneka pasangan). Jenisnya bermacam-macam, ada figurin berhanbok biasa, figurin anak-anak-, figurin artis memakai hanbok, hingga figurin pasangan kerajaan dari dinasti Baekje, Joseon, dan Silla. Bonekanya pun dibuat dari bermacam-macam bahan, ada yang terbuat dari plastik, kain, kayu, dan marmer. Tentunya harga boneka bervariasi mengingat bahan dan jenis boneka yang dibuat berbeda-beda.

Berikut ini adalah video yang menunjukkan beberapa boneka yang memakai Hanbok, lengkap dengan aksesoris dan tatanan rambut seperti orang sungguhan! :)

3. Alat Tulis Motif Korea

Set alat tulis pasti sangat berguna dan bisa dipakai baik di kantor, kampus, sekolah, atau di rumah. Banyak teman yang ingin memiliki alat-alat tulis bermotif khas Korea, bisa berupa pulpen, agenda, buku catatan, pembatas buku, stiker dan ragam alat tulis lainnya.

Kenapa harus membeli alat tulis dengan motif khas Korea? Karena ada banyak ragamnya dan harganya pun terjangkau. Oleh-oleh ini berguna dan pastinya bisa dipakai untuk berbagai keperluan bagi yang menerimanya. Saya ingin membeli banyak alat tulis bermotif khas Korea, selain untuk dibagikan kepada keluarga dan sahabat, juga akan saya bagikan kepada para blogger yang beruntung. Hadiah berupa agenda kecil bermotif huruf Hangul atau pembatas buku berbentuk Hanbok, pastinya akan menjadi kenang-kenangan yang membuat mereka senang.

Nah, itulah tiga benda yang wajib saya beli bila terpilih mewakili Indonesia dalam event Touch Korea Tour pada bulan Juni mendatang. Bagaimana dengan kalian? Apa saja tiga benda yang ingin kalian beli di Korea?

*Tulisan ini saya buat dalam rangka mengikuti kontes Pemilihan Touch Korea Tour Pengalaman Tim Event (klik di sini untuk info lengkapnya). Mohon dukungannya bila kamu menyukai tulisan ini dengan cara mengklik Like pada postingan di Blog, memberikan komentar, atau share via Twitter dan Facebook. Dukungan tak langsung berupa doa juga sangat berarti. Terima kasih :)

**Baca juga tulisan saya sebelumnya untuk kontes ini yang berjudul “Tiga Makanan Wajib Coba di Korea Selatan” (klik di sini)

About these ads

11 responses »

  1. Pingback: Agenda Kegiatan Seru selama di Korea Selatan « dearmarintan's blog

  2. wahh artikelnya keren..jadi semakin tau apa aja yg lucu” di korea…
    yg figurin hanbok, jadi smakin tau jenis” hanbok dan tujuan pemakaiannya utk siapa aja….pasti semua pd pingin dikasih oleh” kayak gitu hehehe

    • Iya, banyak banget benda dan oleh-oleh lucu dari Korea.. Wah, kamu juga suka figurin berhanbok itu ya, bagus tuh buat pajangan di rumah.. Kalo ke Korea emang harus borong oleh-oleh buat keluarga, sahabat, dan teman-teman yang berpartisipasi ikutan komen, like, dan jawab pertanyaan kuis yang berhubungan dengan Touch Korea Tour ^^

      Doain supaya aku bisa menang yaaa :D

  3. Pingback: Agenda Kegiatan Seru Selama di Korea Selatan « Shelfira

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s