Tiga Makanan Wajib Coba di Korea Selatan

Standard

Wisata kuliner jadi hal yang wajib dilakukan kalau berkunjung ke suatu tempat. Semakin unik makanan yang dicoba, semakin baik. Apalagi kalau makanan itu tidak ada atau jarang ditemui di sekitar tempat tinggal kita, sudah pasti wajib dicoba. Hmm, kalau tempat yang akan dikunjungi adalah Korea Selatan, makanan apa ya yang harus kita cicipi? Berikut ini tiga pilihan makanan yang menurut saya harus ada dalam daftar wisata kuliner di sana.

1. Kimchi (김치)

Kimchi adalah sayuran yang dibuat melalui proses fermentasi, rasanya gurih dan sedikit pedas. Bagi orang Korea, makanan ini adalah makanan yang wajib ada di meja makan, hampir tidak mungkin makan tanpa menyantap kimchi. Pertama kali mencoba makan kimchi sekitar dua tahun lalu, sewaktu berkunjung ke supermarket Korea Mu Gung Hwa di kawasan Blok S, Jakarta. Sejak itu jadi ketagihan karena rasa kimchi yang asam pedas ternyata enak buat dimakan bersama nasi.

Meskipun kimchi bisa ditemui di supermarket atau restoran Korea di Jakarta, saya penasaran dan ingin mencoba kimchi yang dibuat langsung di Korea. Apalagi banyak teman saya yang bilang bahwa rasa kimchi di Korea lebih mantap daripada yang dijual di sini. Di Korea pun ada banyak variasi kimchi yang bisa dicoba, mulai dari Kimchi Bumchigae (kimchi dadar), Yeolmu Kimchi (jenis kimchi yang populer di musim panas), Baek Kimchi (kimchi yang tidak terlalu pedas, banyak digemari anak-anak), Dongchimi (sup kimchi yang disajikan bersama buah pir Korea, populer di musim dingin), Kimchi Jjigae (kimchi favorit saya), dan masih banyak lagi. Lebih asik lagi kalau bisa mencicipi Kimchi di COEX Kimchi Museum, jadi sambil makan bisa sambil belajar sejarah dan cara pembuatan makanan ini deh :9

2. Samgyetang (삼계탕)

Sebagai penyuka segala jenis makanan yang terbuat dari ayam, Samgyetang menjadi makanan khas Korea yang wajib masuk dalam daftar wisata kuliner saya. Samgyetang adalah sup ayam ginseng khas Korea yang sangat terkenal karena rasanya enak dan memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Samgyetang biasanya disajikan pada saat musim panas di Korea. Di restoran-restoran Korea di Jakarta, menu ini banyak dijual. Namun, harganya cukup mahal dan bisa mencapai ratusan ribu untuk satu porsi. Mungkin karena harga ginseng yang mahal. Bila berkunjung ke Korea, terutama di bulan Juni saat musim panas, wajib mencoba Samgyetang.

3. Tteok

Pergi ke Korea Selatan tapi belum mencoba cemilan khasnya rasanya belum lengkap. Karena itu, Tteok (떡) juga masuk dalam daftar icip-icip. Tteok adalah kue yang dibuat dari bahan dasar tepung beras. Ada beragam jenis tteok di Korea, di Indonesia yang paling terkenal adalah tteokbokki (kue beras pedas) yang bisa ditemui di Mu Gung Hwa, Lotte Mart, maupun di restoran-restoran Korea. Sayangnya, saking populernya tteokbokki, jenis tteok lainnya jadi sulit didapat sehingga belum banyak penganan manis Korea yang saya coba. Kalaupun ada tteok jenis lain, biasanya dikemas rapi dalam kotak oleh-oleh yang harganya mahal.

Nah, kalau ke Korea nanti, saya ingin mencoba berbagai macam tteok yang selama ini hanya bisa saya lihat gambarnya di internet. Saya ingin mencicipi Gyeongdan, Jindallae hwajeon, dan Kkul Tteok.

Berikut ini ada sebuah video berisi kompilasi foto berbagai jenis tteok yang sangat menarik dan terlihat enak🙂

Itulah tiga makanan khas Korea yang wajib dicoba bila berkunjung ke Korea Selatan. Terima kasih telah membaca tulisan ini🙂

*Tulisan ini saya buat dalam rangka mengikuti kontes Pemilihan Touch Korea Tour Pengalaman Tim Event (klik di sini untuk info lengkapnya). Mohon dukungannya bila kamu menyukai tulisan ini dengan cara mengklik Like pada postingan di Blog, memberikan komentar, atau share via Twitter dan Facebook. Dukungan tak langsung berupa doa juga sangat berarti. Terima kasih🙂

31 responses »

    • Iya mirip, dari bentuknya aja udah menarik. Tebakanku sih rasanya manis, tapi manisnya kayak apa aku juga ga tau krn belum pernah nyoba.. Hehehe, anyway thanks ya udah mampir dan komen. Kamu ikutan lomba ini juga ga? Kalau iya, linknya ditulis di kolom komen ini aja, nanti aku blogwalking ke sana🙂

    • Iyaaa, keliatannya aja udah yummy ya apalagi kalo beneran icip-icip :9
      Makasih ya say udah dateng dan komen di blog ini🙂 Anyway, kamu ikutan jugakah? Masih banyak waktu lho, deadline kontesnya sampe akhir April ini…

    • iya, yummy… sayang cuma pernah nyoba tteokpokki aja hehehehe..

      Anyway, aku udah mampir ke blogmu tapi kok ga bisa nulis komen ya? Waktu itu online lewat hape sih.. coba nanti aku ke sana lagi deh.. Makasih ya, Ta, udah mampir dan komen di postingan ini… Sukses buat kamu juga di lomba ini ^^

  1. Pingback: Daftar Oleh-oleh Wajib Beli di Korea Selatan « dearmarintan's blog

    • wah, makasih banyak udah berkunjung dan komen di blogku ^^ samgyetang memang enak yah, apalagi kalau dimakan pas anget gitu, sluurrpp :9
      iya aku ke sana ya, komen juga hehehehe😀

    • terima kasih banyak🙂
      ini karena memang pada dasarnya aku suka banget makan makanan Korea, makanya pas nulis postingan ini sepenuh hati banget deh, hahahaha😀
      kamu juga semoga sukses ya, aku main ke blogmu juga aahh ^^

  2. Pingback: Agenda Kegiatan Seru selama di Korea Selatan « dearmarintan's blog

  3. bikin kuenya pake tepung beras rosebrand yaa? :p
    tteok mungkin ada ksamaannya sama kue basah..?

    apapun komntar saya diatas, saya pnasaran bgt pingin nyoba…kalo admin menang trs ke korea, jangan lupa bawain oleh” kue tteok yg banyaaaakkk yaa😀
    semua pasti setuju sama saya😉

    • Hahahaha😀

      Iya, pengen beli tteok sama hangwa yang banyak. Buat oleh-oleh sama buat hadiah kuis untuk yang ngikutin blog ini.. Itu kalo aku terpilih menang, doain aja soalnya saingannya banyak banget hehehe😀

    • Nah, itu dia yang aku juga pengen tau! Hehehe.. Tapi sejauh ini dari pengalamanku nyoba makanan Korea, semuanya enak.. Yang paling menggiurkan di artikel ini memang aneka jenis tteok, apalagi kalau liat video yang aku kasih di artikel.. Hmmm yummy :9

  4. salam n slamat kbetulan q prnah ke korea slma 1 thn ,emang bnar gbrna seenak rasanya q sering cb kimchi Jjgae mantap,tteokbokki jg enak kedisn sring ditraktir org korea yg doyan mkan2,sminggu bs3x,jg minmana soju enak tp ad alkoholna rokok THIS dll silakan cb,oy ayam dikorea mantap skali ad yg pedas manis n greng kering q plng kangen am ayam MANTAAAAP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s